Selasa, Juli 20, 2010

Based on set-set comment…..Perumpamaan tentang vitamin…

Hmmmh…..pasti temen-temen udah tahu ni yang namanya vitamin…jelaslah…dari jaman masih caturwulan mpe jaman kurikulum KTSP. Pasti di ajarin lah…ayo kita recall lagi guna masing-masing vitamin. Klo ini didapatkan saat masih duduk di bangku sekolah:

Vitamin A : mencegah rabun senja
Vitamin B : mencegah beri-beri
Vitamin C : Mencegah sariawan
Vitamin D : Mencegah osteoporosis, membantu pertumbuhan tulang dan gigi
Vitamin E : berguna untuk ibu hamil
Vitamin K : -ga pernah diajarin- mencegah Katarak kali ya??hahaha

Trus saat masuk kedokteran…..

Vitamin A : sebagai salah satu faktor untuk inisiasi penglihatan
Vitamin B : ada banyak jenis B1, B2, B6, B12…salah satunya B12 berguna untuk pembentukan otak saat masa critical period di janin
Vitamin C : anti-oksidan
Vitamin D: sebagai faktor dalam membantu penyerapan kalsium
Vitamin E: Anti oksidant
Vitamin K: salah satu faktor koagulasi darah..

wuiiii….gila bahasanya berat bo.,tapi coba liat vitamin A dan D…intinya sama…tapi bahasanya doang di berat-beratin..hahahahah..

.

dan dari hal diatas dapat disimpulkan teman-teman bahwa tiap vitamin punya fungsinya masing-masing….hal itulah teman-teman juga dengan nilai…..

bagi yang dapet nilai A : membantu orang untuk melihat……yah…biar orang-orang dapat melihat bahwa masih ada orang-orang yang pintar sehingga bisa memacu teman lain untuk belajar (wuiii mulia sekali…..)

bagi yang dapet nilai B: seperti vitamin B 12..untuk perkembangan otak…biar orang-orang yang dapet nilai ini semakin mau belajar sehingga otaknya berkembang, jadinya ga dapet nilai nanggung B…

bagi yang C dan E……Sebagai antoksidan…untuk menghindari dari stres oksidatif…apa stres oksidatif tersebut????yah….pembangunan kampus….ikut remed, harus bayar….terus duitnya buat pembangunan kampus.

klo yang dapet D…..sebagai pertumbuhan tulang dan gigi…hmmh…tulang adalah tonggak tubuh…begitu juga yang dapet nilai D adalah tonggak kampus…berkontribusi dalam membantu pembangunan kampus…sama seperti kayak yang dapet C dan E….

Vitamin K: …sebagai koagulasi…yah orang yang dapet nilai ini, nilainya masih dalam bentuk bekuan (ditahan) dan nantinya dari K ini kemungkinannya bisa jadi A, B, C, D, E dan fungsinya sudah dijelaskan diatas…

intinya teman-teman….apapaun nilai kalian….yah…..tidak usah menyesal..karena secara tidak langsung maupun secara langsung kalian sudah berkontribusi banyak baik secara finansial maupun sosial„,…hehehhehehe…..


O IYA…sebenarnya masih ragu apakah fungsi - fungsi vitamin diatas bener atau ga soalnya bikinya berdasarkan prior knowledge..hehehehe

met belajar semuanya teman-teman…..

Tidak ada komentar: