Selasa, Juli 20, 2010

MY PERFECT OSCE….HOW ABOUT YOURS?? :)

“Selamat pagi Bapak, perkenalkan nama saya dokter X yang jaga disini, dengan bapak siapa??”……
“Selamat siang Bapak, perkenalkan nama saya dokter X yang jaga disini, dengan Bapak siapa?”….
“Selamat sore Bapak, perkenalkan nama saya dokter X yang jaga disini, dengan Bapak siapa?”…
“Selamat Malam Bapak, perkenalkan nama saya dokter X yang jaga disini, dengan Bapak siapa??”..
“Selammmaa….aaat….(hhu

aaahhhhhh..) tengaaah (huaaahhh) malem Bapak, perkenalkan nama saya..zzzzzzz”..

Hampir 2 minggu aku ngulang-ngulang terus tuh kata-kata. Sampe-sampe temen sekosan bosen dengar. Yaaakkk…ni OSCE tahun ke 3 emang agak beda sedikit. Klo dulu tahun pertama dan kedua hafalin check list pleeekkkk udah siap OSCE, tapi ntah mengapa tahun ketiga ini, kayaknya belajar semuanya serasa masiiih ada aja yang kuranggggg, ntah ga tahu kenapa. Mungkin yang paling lancar sih prosedural seperti IV, Kateter dan Bedah..oh..kecuali bedah minor lah..hahahah..Apa sih yang beda??mungkin karena semua pemeriksaannya terserah kita semua kali ya? terus harus diagnosis terus kasih obat ya???GILA..pelajarin semuanya mpe mampus.

Yah..akhirnya hari-hari menuju OSCE pun mendekat dan denger-denger dari cerita temen-temen yang udah OSCE nh semuanya pada asik2 sih. Dosen yang ditakutkan pada ga jaga. hufff..tenanglah hati ini.Ya udahlah santai2 dulu lah. Lagian yang penting kan proseduralnya, bukan diagnosis dan treatmentnya (mulai ngeles buat ga belajar…hahahah). Yah dalam doaku aku tiap hari selalu berdoa agar aku dapet 1) kasus IV line 2)Bedah minor jangan sama dr. S***** 3) MMSE dapet depresi aja dah, 4) Pemeriksaan lepra 5) pemeriksaan Eye 6) IPM dapet diare ajalah dan jangan sama dr. B*.wkakaka dan 7) konseling..hahahahahah..apaan aja dah tinggal ngemeng doang ini ..hahahahah..wah klo dapet itu udah OSCE teramaaan di dunia!!

Hari-hari semakin mendekat, tidak ada ketegangan dalam diriku sama sekali dan temen2 yang udah kok pada nothing to lose ya???ini sih ada 3 indikasi, yang pertama mereka pada bisa, yang kedua kasusnya gampang dan dosennya enak, yang ke 3 ya mereka seneng karena udah pada lewat,salah gampang ntar..wakakakakaka..santailah..mereka pada santai kok, masa aku stress???

Hari OSCE ku pun tiba, wah ko ga deg2an ya??apa ini tandanya aku udah belajar terlalu banyak dan menguasai sebenarnya..hmmhh..pasti dong!!!!hhahaha..tapi eh tapi giliran di tanya sama temen:
“klo keluhannya pusing, pake apa ya periksanya”…masiiihh aja bingung….
“eh klo treatment PID, antibiotiknya apa ya?” hhmmmhhh…penisilin kali ya??itu doang antibiotik yang gw tahu.
“eh klo misalnya untuk IV, cara mengettahui kebutuhan cairan yang akan dimasukkan gimana ya??”waaaaa..ternyata belom belajar apa2. Dan apa yang terjadi H-1 hari ga ada deg-degan, tapi H-1 jam, kebelet pipis mulu!!!!!!

Tapi ya udah waktunya masuk!!!!SIAP TIDAK SIAP, Hadapilah OSCEmu eh apa dosenmu ya???hahahah
STASE 1: BEDAH MINOR (berkata dalam hati) hufff. untung bukan dr. S***** dosennya. Ya santailah. Aku merasa PD. Langsung saya ngomong prosedurnya:

pertama, saya memperkenalkan diri, dosennya bilang “skiiip”
dalam hatiku..”asiiiiiikkk”
Lalu saya pakai baju bersih “skkiiiiippp”
dan akhirnyaaaaa semua berjalan begitu saja per steeeep dan akhirnya tak terasa karena di skip semua saya sudah selesai menjahit sub kutis 2 dan kutis 2 dan akhirnya saya sampai pada step terakhir:

kemudian saya melepasa sarung tangan dannn “WHAAAT!!??oooooopppppps!!!!!!! APA!!!??? gw ga pake sarung tanggaaaaaan!!!gileeeee. dari tadi udah jait subkutis dan kutis jadi ga pekke sarung tangan dong!??”..”matiii….waaaaaaahhhh…mati aduh…ni pasti gara2 di skip semua ni step2nya!!dasar sialan ni emang dosen penjaga….pantesan kok cepat bangeettttttt!!??”
STASE yang ku pikir santai ternyata kelewat hal yang penting…”kok diem aja sih dosennya??!!!!BEDAH MINOR dilewati dengan sebuah kesalahan yang gokil sih kok bisa lupa..

STASE 2: IPM, dapet kasus perut kanan bawah. Anamnesis: menstruasi normal, discharge negatif dan psoas, lassegue positif. Wah dengan yakin gw bilang diagnosis appendicits…huaaahh.ni IPM lancaarrrrrr….heheheehheehe….terus minta pemeriksaan CBC ma Appendicogram….hmhhh….dalam hati berharap leukosit naik dan appendicogram positf appendicitis..tapi ternyata ap kata dosennya “eritrosit sekiaan, leukosit sekian, dan appendicogram: non filling appendix”…”WHAAT!!??mana gw tahu berapa kadar normal jumlah sel-sel dalam tubuh itu dan non-filling appendix tuh apa??!!!gila”„,..”ni beneran appendicitis ga sih??keraguan mulai muncul..tapi gw yakin dan gambling, bodo amat gw bilang appendicitis dan harus rujuk walaupun ga bisa jelasin hasil pemeriksaan ke pasien”..hahaha…waaaahh...ngeri juga nh IPM. IPM dilewati dengan ketidakyakinan apakah hasil pemeriksaan penunjuang itu menunjukkan appendicitis atau bukan.

STASE 3: NEURO…aahhh.siall.Kenapa ga dapet pemeriksaan lepra aja sih???Tapi gpp. Karena udah dapet bocoran BPPV jadi nyantai..hahahahahah. Pas ditanya dosenn “DD mu apa??” ,dengan PD jawab “BPPV dok!!!!!!”, lalu aku langsung lakukan semua pemeriksaan neuro, romberg tes, dixx hallpplike mannuever dan awh..udah OK banget nih stase…hehehe…eh pas pasien tanya..”Dok saya di kasih obat apa ya??” Gw langsung terperanjat dalam hati “MATIII!!!ni obatnya apaaan ya???”waaahhhhh…..wahhh...wahhh…mau nanya dosen penjaga ya ga boleh lagh!!!hmhh…terpaksa ngeles “ya bapak ini ga saya kasih obat dulu tapi lakukan aja manuver yang saya ajarkan ini dan 3 hari lagi kembali”….selesai deh..huff…eh terus dosen penjaga nanya
“Pemeriksaan penunjang perlu ga??” dengan agak ragu tapi yakin “GA usah doK!!!”
“ini parah ga?” dengan PD lagi ” Ga dok!!”
“terus tadi pemeriksaan neurologis buat apa??” “buat menyingkirkan vertigo sentral dok!!”
“Lho??emang DDmu apa?” “mmmm BPPV dok”
“trus?lkok periksa vertigo sentral?? katanya BPPV doang??”
hiyaaaa…mete deehhh…ternyata DD emang harus 3 ya???wah lupa..ini gara2 udah dapet bocoran kasus nih jadi terfokus. Dosennya masih nglanjutin
“Tadi kamu kasih obat ga?” dengan santai dan senyum dan maklum bilang “ga dok..karena saya ga tahu obatnya” duueeerr….parah banget nih stase neuro. Dilewati dengan kecacatan dimana-mana. Apalgi dosennya bilang klo clinical reasoning kurang, pemeriksaan tidak sistematis, bla..bla…bla…..

STASE 4: IV line..Yes…aman lah!!!!hehehehe..IV line gampang. Eh dapet dosen bagain ilmu F*s*olo**..terus ditanya-tanya.
“Hayo klo misalnya pasien tidak sadar tapi masih bisa nafas berarti kehilangan cairan berapa”..”kurang dari 2500 dok”
“baguss..terus klo misalnya sebelum infus transfusi, apa aja yang harus dilakukan”..”tes golongan darah, deteksi Hepatitis, dsb”
“ya tapi masih ada yang kurang…….”
duh bingung..masih kurang apa ya????hmhhh……aku liat jam, sudah habis waktuku 4 menit untuk ditanya-tanya„aku pun menyela
“dok…udah boleh saya lakukan??”
“beloooomm boleh…masih kurang tadi”
“ga tahu doookkkkkkk!!!!”
“kamu tahu cross reactivity??blalbalbalbalblablablalbabablblalbalblablablalb
wah gila…6 menit cuma buat jawab pertanyaaan dan denger penjelasan dia?? alhasil, baru nusuk plaboth..udah harus keluar gw..HUH….IV line banyak yang blom dikerjakan..

STASE 5 Mental Minor Examination
“Bapak apakah ada penurunan kualitas tidur?” “tidak”
“Bapak masih suka melakukan hobi?” “tidak”
“Bapak sering terbangun tengah malam??” “tidak”
“Bapak ada khawatir akan sesuatu??” “tidak”
“Bapak ada masalah dengan keluarga, teman kerja?” “tidak”
“Bapak ada penuruan konsentrasi” “tidak”
“Bapak ada rasa ingin bunuh diri??” “tidak”
“Bapak takut ga kalo ketemu orang?” “tidak”
“Bapak merokok??” “tidak”
“Bapak alkoholan??” “tidak”

TERUS BAPAK NGAPAIN PERIKSA KESINI?? (dalam hati…) buset..ni kasus apaan ya???20 menit hanya habis pertanyaan itu-itu saja tanpa tahu diagnosis dan treatment..hmmhhh…..MENTAL MINOR kacau

STASE 6 THT/EYE

Waaaw…dosen yang jaga cantik euy..sayang udah residen. Coba masih mahasiswa. udah ku embat (lhooo??!!)..Rambut pirang dan panjang, body bagus, pake rok yang agak pendek, jaga sendiri lagi..Jadi ga pengen periksa pasien, ngobrol-ngobrol ma residennya aja lah…heheheheh..tambahan masker dan jas dokter warna putih menambah keseksian residen yang baru saya liat ini. Hmmmh…untung kasusnya cuma orang cek telinga jadi ya normal-normal aja..heheheh…jadi gampang..sambil periksa pasien curi-curi pandang ke arah residen cantik..hummh…dari tadi BBan terus..tapi gpp lah..Lumayan ada obat mata..dan Akhirnya keluar dengan hati senang karena tidak ada komentar…Sepertinya memang stase ini paling sempurna…:)

STASE 7 Konseling KB

Saya tidak mengerti dan saya tidak mengetahui apa yang saya katakan dan lakukan di stase ini karena memang apa yang saya lakukan dan saya ucapkan distase ini adalah semua hal dibawah kesadaran saya dan bagaimanapun hasilnya saya juga ga tahu karena memang semua keluar begitu saja dari mulut saya…..yang saya ingat cuma klo dia pengen make KB tapi ga pengen gemuk terus masih pengen punya anak 3 atau 4 tahun lagi..apa yang saya tahu..KONDOM!!! ya udah „,itu saja yang saya katakan dan paksa dia untuk pakai..wah parah i….KONSELING KB lewat dengan ketidaksadaran dan ketidak jelasan dan pemaksaan kepada pasien…

yakkk..akhirnya OSCE seleseai. Kok rasanya sebelum dan sesudah OSCE sama aja ya??ga ada rasa apa-apa. Ya mungkin terasa lebih tenang aja karena ujian telah lewat…hahah..terus semua kumpul dan merecal apa yang kurang tiap stase…

BEDAH MINOR: ga pake sarung tangan…HOPELESS..tapi kok kayanya masih ada yang kurang lagi ya???hmmhh…apa ya??setelah tanya..tanya..astagaaaaaaa…kok aku tadi ga anastesi!!PARAAAHH…waduh..aku menjait orang tanpa anstesi dan tanpa sarung tangan..SPEECHLESS

IPM: ya..lumayanlah„untung nembak appendicitis..

NEURO: Parahhh….udah lah pasrah aja

IV line: wah…baru sampe masang plabothhh

Mental Minor: ga jelas apaan kasusnya..kayaknya normal deh

ENT: nah!!!setelah ngomong-ngomong ma temen. Katanya CHL…wahhh parah…ternyata kecantikan dosen jaga yang mempesona telah membuatku melupakan semua keabormalan pasienku..PARAH

Dan terakhir konseling wah ga tahu deh gimana, apa memuaskan atau tidak….

Trus stase mana dong yang bagus???!!!ga ada deh kayaknya….terus setelah saya perhatikan lebih lagi..ternyata sasya selalu lupa cuci tangan setelah pemeriksaaann

DHHUUEEERRRRRRRRRRR

Hanya 1 kata: PASRAH (tapi bukankah OSCE = TFSS dan OSCE yang sebenarnya adalah remed..hahaha)

FIn….


NB: beberapa dari tulisan ini adalAH fakta dan beberapa adalah dusta :)

Tulisan ini dibuat karena udah stres belajar (sok belajar) buat remed 3.3 yang bahannya banyak…doaku: agar soalnya sama…wakakakkaka

Tidak ada komentar: